SANTRI SABLENG FAMILIA

Final Fantasy 7 Cloud Strife

Wednesday, October 26, 2016

STUDI KASUS

STUDI KASUS

·         STUDI KASUS : TIPS MENGGUNAKAN TRACEROUTE

1.      Klik Start –> Run
2.      Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
3.      Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda  tinggal ketikkan –> tracert (spasi) namadomainanda (Wikihow, 2012)

Hasil tracert diatas menunjukkan bahwa koneksi yang digunakan cukup stabil, terlihat 12 Hops (loncatan). Waktu dalam satuan ms (millisecond) sama seperti halnya Hops, semakin kecil waktu perpindahan data, maka akan semakin baik /cepat  anda mengakses situs yang anda traceroute  tadi.
Tetapi jika anda melihat pada hasil tracert ada tanda  *  atau pesan “request timed out” pada hasil tracert anda, maka disitulah masalah yang ada pada koneksi internet anda. (James, 2006)
Secara practical, traceroute digunakan sebagai bahan untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan penyebab Anda tidak bisa mengakses suatu website.
Jika Anda tidak bisa mengakses website Anda dan hasil tracert tidak complete, silahkan menghubungi support dari provider hosting dan informasikan hasil tracert tersebut untuk digunakan sebagai bahan analisa penyebab kemungkinan website Anda tidak bisa diakses, selain itu informasikan juga IP Publik koneksi Anda saat ini (Bisa diperiksa menggunakan layanan seperti http://whatismyip.com) untuk mencegah kemungkinan IP Publik Anda terblok di sisi server. (Traceroute (Tracert), 2012)

·        STUDI KASUS : TIPS MENGGUNAKAN PING dan ICMP

Untuk melihat protokol ICMP dalam proses ping ke alamat tujuan, gunakan aplikasi
Wireshark. Langkah – langkahnya :
1.      Sambungkan komputer atau laptop anda ke koneksi LAN ataupun Internet, pada contoh ini saya koneksikan ke internet menggunakan wireless. 
2.      Lalu buka aplikasi Wireshark dan klik “Interface List”, keluar menu Capture Interface. Di menu tersebut ada 2 pilihan device yang pertama menggunakan Ethernet dan kedua menggunakan Wireless, pilih cek yang kedua (karena saya menggunakan wireless, kalau menggunakan LAN pilih yang pertama). Lalu klik “Start”. (Whiresarhk, 2002)
3.      Biarkan Wireshark berjalan, lalu buka “Command prompt” ketikan ping google.com (apabila terkoneksi internet)
4.      Lalu tekan “stop” pada aplikasi wireshark,
5.      Potokol ICMP akan terlihat dengan mencari di kolom filter isikan ICMP dan enter. Keluarlah protokol ICMP hasil ping ke google.com tadi. (Gunawan, 2015)



DAFTAR PUSTAKA

Gunawan. (2015, Juli 1). MONITORING PROTOKOL ICMP MENGGUNAKAN WIRESHARK. Retrieved from Dede Gunawan Blog: http://blog.dede-gunawan.web.id/2015/07/monitoring-protokol-icmp-menggunakan.html
James. (2006, January 1). Datum Corporation. Retrieved from Datum Corporation Web Site: http://www.adatum.com
Traceroute (Tracert). (2012, June 11). Retrieved from Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development: https://www.rumahweb.com/journal/traceroute-tracert.htm
Whiresarhk. (2002, april 02). Ping CMD. Retrieved from whiresahrl.
Wikihow. (2012, April 02).



Nama : dadang inza k
Sekolah : smk islam islam 1 blitar
ini adalah hasil saya KLIK SINI







http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

0 comments:

Post a Comment