SANTRI SABLENG FAMILIA

Final Fantasy 7 Cloud Strife

Wednesday, July 27, 2016

TROUBLESHOOTING 12 cara mengatasi Jaringan LAN tidak terdeteksi atau connect

12 Cara Mengatasi Jaringan LAN Tidak Terdeteksi atau Connect
Terdapat berbagai jenis problem yang akan dihadapi pada masalah jaringan LAN seperti terjadinya problem gangguan di komputer itu sendiri, gangguan pada jaringan local, gangguan koneksi jaringan global, dan berbagai masalah lainnya. 

Sebelum mengambil sebuah kesimpulan tentang problem apa yang sebenarnya terjadi, maka pastikan terlebih dahulu pada aplikasi yang Kamu gunakan itu, apakah terhubung ke server atau komputer yang lainnya, atau ternyata aplikasi yang digunakan yaitu untuk PC lokal atau stand alone.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUiHXSYJhTpeWY7nf06L_n5v5_DLgKessVGFBNw1SnCWRXg8xKPVFVknSQvJi5m1TP_eXNbhyphenhyphencZK9YjivIsnGAFh_EbXt7CpOjixqI9ZLXMTB43sF74fF9RjiwZFa3cAstszOmOK1SwIY/s1600/Cara+Mengatasi+Jaringan+LAN+Tidak+Terdeteksi.jpg
Adapun aplikasi sering digunakan, berupa aplikasi dengan tipe client server, dimana nantinya itu membutuhkan jaringan data agar komputer klien bisa terkoneksi ke server. 

Problem yang cukup umum muncul yaitu koneksi antar server dan klien yang mengalami keterputusan, atau juga disebut tersendat.

Cara mengatasi jaringan LAN tidak terdeteksi atau connect, dan lainnya.

Beberapa langkah praktis yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah Network adapter ini, seperti mengecek sambungkan kabel, masalah seperti ini yang paling tidak disadari oleh pengguna, pastikan dahulu kabel data dapat tercolok atau terhubung dengan sempurna.
 

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah pastikan lampu LED pada NIC dalam keadaan menyala.

Apabila dalam keadaan tidak demikian maka Kamu dapat melakukan cross cek lampu LED pada port switch atau hub.
 

Langkah awal lainnya yang perlu dilakukan adalah melakukan shutdown (bukan restart) karena dengan melakukan shutdown lalu membiarkannya sementara sekitar 1 menit maka akan lebih efektif untuk melakukan refresh.
 

Dengan begitu mudah-mudahan aplikasi klien server dapat terbangun kembali dengan mensinkronisasi kembali, jika masalahnya hanya disini maka jaringan LAN sudah dapat dipakai seperti semula.

Akan tetapi jika belum, maka ada banyak hal di bawah ini yang perlu Kamu ketahui dan perhatikan, karena memang masalah jaringan LAN yang tidak terkoneksi (atau tidak terdeteksi) cukup kompleks, serta terdapat berbagai problem lainnya, berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Kegagalan kabel jaringan

Hal yang cukup umum terjadinya dimana putusnya kabel jaringan atau mungkin karena digigit hewan tikus. Problem ini menimbulkan masalah jaringan yang mengakibatkan bisa pada satu blok gedung (karena kabel antar switch / uplink cable putus) maka membuat sebagian besar jaringan LAN komputer mengalami kegagalan backbone cable.
 

Umumnya pada user yang masih sangat awam tidak menyadari kabel LAN tidak tercolok dengan sempurna pada komputer.
 

Untuk itu yang perlu Kamu lakukan adalah mengecek koneksi kabel data, apabila dari jauh terlihat kabel data memang dalam keadaan tersambung, maka coba tekan dahulu mungkin saja kabel data dalam keadaan yang tidak tercolok dengan sempurna.
 


2. Kerusakan kabel dan konektor Jaringan

Kabel dan konektor memiliki kegunaan sebagai penghubung komputer dengan komputer lainnya, Kabel dan konektor ini digunakan untuk membuat jaringan LAN, yang terdapat 3 model yaitu yang pertama kabel serat optik yang menggunakan konektor SC dan ST.
 

Untuk kerusakan atau masalah yang terjadi pada kabel dan konektor jenis serat optik jarang terjadi walaupun begitu Kamu tetap harus merawatnya dengan baik.

Yang kedua, jenis Kabel UTP dengan konektor RJ45, dimana masalah yang sering muncul yaitu konektor yang tidak terpasang dengan baik, atau dengan kata lain yaitu longgar.
 

Masalah lainnya yaitu susunan kabel yang salah serta kabel mengalami putus.
 

Untuk mengetahui masalah ini dapat diketahui dari lampu indikator, perhatikan apakah hidup atau tidak pada Hub /switch.
 

Model yang ketiga yaitu jenis kabel Coaxial dengan konektor BNC, dimana kabel jenis coaxial mempunyai kemampuan akses yang ternyata cukup lambat dibandingkan lainnya...

Kemudian juga tidak jarang terjadi masalah konektor yang longgar. Apabila terjadi masalah kerusakan pada kabel dan konektor jaringan, maka perhatikan dahulu pada kabel, apa masih bisa digunakan lagi atau tidak.
 

Apabila ternyata bisa, kita tidak kita perlu menggantinya, seperti yang rusak hanya konektornya saja, tetapi keadaan kabel masih bagus, maka dengan begitu kita cukup mengganti konektor-nya saja.
#Gangguan atau Kerusakan pada Hub/Switch

Hub/Switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada Hub dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation. Apabila lampu indikator power Hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau ada gangguan pada komputer workstation tersebut.

Jika terjadi kerusakan pada HUB maka pertama kita harus mengecek apakah HUB yang kita gunakan memang sudah rusak atau hanya mengalami gangguan saja, namun jika HUB yang kita gunakan memang benar-benar pasitif rusak maka kita perlu menggantinya dengan HUB yang baru atau dapat diperbaiki ditempat service khusus. Namun disarankan lebih baik mengganti dengan yang baru,selain kualitasnya yang lebih bagus biasanya biaya memperbaiki hampir sama dengan biaya membeli baru.
1.      #Restart Router
Solusi paling mudah dan justru biasanya paling efektif jika kamu memiliki masalah dengan internet kamu. Website tidak bisa dibuka, koneksi internet terasa lambat atau bahkan tidak terhubung sama sekali maka salah satunya dengan cara restart router atau reboot router. Untuk restart router tidak hanya dengan mematikan router lalu menyalakan lagi, tetapi dengan cara matikan router lalu cabut kabel power untuk beberapa saat kemudian pasang kabel powernya lagi.
2.      Cek Suhu Router
Seperti barang elektronik lainnya, router juga bisa mengalami yang namanya panas berlebihan, dan panas yang berlebihan itu membuat tidak stabil jika terjadi terus menerus. Jika terasa panas sekali, sebaiknya dimatikan terlebih dahulu hingga dingin atau perbaiki sistem aliran udara sehingga tidak menjadi panas.
3.      Pastikan Kabel Terpasang dengan Benar
Mungkin terdengar aneh tetapi bisa saja ada masalah sehingga kabel terlepas misalnya tidak sengaja tertarik atau tertendang sehingga kabel menjadi lepas atau tidak menempel sempurna. Cara memperbaiknya pasangkan kembali kabel tersebut lalu cek semua kabel sudah terpasang dengan benar dan kemudian tes kembali router kamu.https://assets.jalantikus.com/assets/cache/0/0/userfiles/old/jan2014/cara-memperbaiki-masalah-router-wifi-2.jpg
4.      Ganti posisi Router
Jika masalah pada koneksi wifi kamu, coba ganti posisi router. Pastikan tempat router yang baru tidak banyak barang yang menghalangi sinyal seperti benda berbahan metal ataupun peralatan elektronik seperti microwave. Atau pastikan antena pada router kamu posisinya vertikal atau tegak lurus dibanding horisontal, dengan posisi vertikal maka akan memberikan area sinyal yang lebih luas.https://assets.jalantikus.com/assets/cache/0/0/userfiles/old/jan2014/cara-memperbaiki-masalah-router-wifi-3.jpg
5.      Reset Router
Jika masalah pada router sudah diperbaiki tetapi tidak membaik, sebaiknya kamu lakukan factory reset . Tujuan dari factory reset ini untuk mengembalikan router kepada pengaturan awal dimana kamu harus melakukan konfigurasi lagi dan tentunya kamu harus memasukkan password baru lagi. Cara factory reset mudah, cukup tekan yang lama pada lubang Reset. Lubang reset biasanya terletak di belakang router seperti gambar dibawah inihttps://assets.jalantikus.com/assets/cache/0/0/userfiles/old/jan2014/cara-memperbaiki-masalah-router-wifi-4.jpg
Jika semua cara masih tidak bisa memperbaiki masalah koneksi internet wifi pada router kamu, sebaiknya membeli router yang baru dan tentunya tidak rusak. Selamat mencoba.
Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.
#perbaikan nic
1.    Cek sambungan kabel.
Biasanya user  sangat awam terhadap komputer dan tidak menyadari atau mengetahui bahwa kabel LAN tidak tercolok atau tersambung dengan sempurna pada komputernya.
Langkah praktis yang bisa dilakukan untuk memperbaiki ini adalah dengan menyuruh user mengecek koneksi kabel data dan jika tersambung maka suruhlah user menekan konektor dari kabel data agar tercolok secara sempurna. Langkah ini bisa dilakukan tanpa harus mendatangi lokasi user tersebut, cukup dipandu via telpon.
2.    Cek lampu LED

Setelah tercolok dengan baik maka pastikan lampu LED pada NIC menyala. Jika tidak maka bisa lakukan cross cek dengan mengecek lampu LED pada port switch atau hub apakah lampu indicator menyala secara normal.
3.    Cek IP address address

Masalah IP address pada komputer klien sering disebabkan oleh IP address yang menggunakan DCHP system. Problem yang dialami bisanya adalah komputer tidak bisa mendapatkan ip address dari DHCP server. Langkah praktis yang bisa dilakukan adalah dengan mencabut kabel LAN dan menancapkannya kembali. Langkah ini sama dengan perintah ipconfig /release dan renew.
4.     Shutdown dan On kembali 

Kenapa tidak restart? Restart lebih praktis tapi shutdown lebih efektif. Saya lebih memilih shutdown komputer dan membiarkannyanya sejenak, sekitar 30 detik lalu menekan tombol power untuk menyalakannya secara manual.
Dengan shutdown semua system komputerisasi benar-benar dimatikan, sedangkan pada restart beberapa system kadang-kadang tidak benar-benar melakukan refresh.
Beberapa aplikasi model klien server, koneksi dari klien ke server bisa terbangun kembali dan melakukan sinkronisasi kembali dari awal hanya setelah komputer melakukan shutdown.
Ke 4 langkah praktis di atas sering berhasil memecahkan problem jaringan yang terjadi tanpa harus diselesaikan secara aplikasi.
Selamat mencoba. 1.    Cek sambungan kabel.
Biasanya user  sangat awam terhadap komputer dan tidak menyadari atau mengetahui bahwa kabel LAN tidak tercolok atau tersambung dengan sempurna pada komputernya.

Langkah praktis yang bisa dilakukan untuk memperbaiki ini adalah dengan menyuruh user mengecek koneksi kabel data dan jika tersambung maka suruhlah user menekan konektor dari kabel data agar tercolok secara sempurna. Langkah ini bisa dilakukan tanpa harus mendatangi lokasi user tersebut, cukup dipandu via telpon.



2.    Cek lampu LED
Setelah tercolok dengan baik maka pastikan lampu LED pada NIC menyala. Jika tidak maka bisa lakukan cross cek dengan mengecek lampu LED pada port switch atau hub apakah lampu indicator menyala secara normal.

3.    Cek IP address address
Masalah IP address pada komputer klien sering disebabkan oleh IP address yang menggunakan DCHP system. Problem yang dialami bisanya adalah komputer tidak bisa mendapatkan ip address dari DHCP server. Langkah praktis yang bisa dilakukan adalah dengan mencabut kabel LAN dan menancapkannya kembali. Langkah ini sama dengan perintah ipconfig /release dan renew.

4.     Shutdown dan On kembali
Kenapa tidak restart? Restart lebih praktis tapi shutdown lebih efektif. Saya lebih memilih shutdown komputer dan membiarkannyanya sejenak, sekitar 30 detik lalu menekan tombol power untuk menyalakannya secara manual.
#perbaikan computer yang terhubung dengan jaringan
MASALAH PADA HARDWARE.
1. Server
Sebagaimana yang diketahui, server merupakan komputer yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan berbagai layanan jaringan, seperti penyediaan dan penyimpanan file/data, printer dan lain-lainnya. Di dalam server juga tersimpan informasi setiap user/pengguna anggota jaringan dan merupakan pusat pengendali jaringan.
Begitu pentingnya peran server maka kondisi server mutlak harus selalu dalam kondisi prima. Jika server mengalami gangguan maka semua komputer client yang terhubung dengannya juga tidak akan berfungsi.
Beberapa gejala kesalahan secara hardware pada server sebagai satu unit komputer, umumnya sama dengan gejala kesalahan secara hardware pada setting PC sebagai stand alone
server3
2. Workstation
Workstation merupakan komputer anggota jaringan yang digunakan oleh pengguna dalam keseharian. Dalam jaringan dengan sistem
 peer to peer, workstation pun dapat berfungsi sebagai server dan membagi-pakaikan (sharing) beberapa sumber daya yang dimilikinya, seperti printer, file dan drive. Jika workstation mengalami gangguan, maka jaringan tidak dapat berkomunikasi baik dengan komputer server maupun workstation lainnya.
kj - Copy
3. Hub/switch
Hub/switch merupakan pusat atau kosentrator terutapa pada jaringan dengan topologi star. Komponen ini berfungsi sebagai penerus data yang diterimanya dan dikirimkan kepada node/host yang membutuhkannya. Oleh karena komponen ini begitu penting maka harus dijaga agar selalu dalam kondisi baik.
Jika komponen ini mengalami gangguan maka otomatis semua jaringan akan menjadi lumpuh dan komunikasi terputus. Hub/switch memiliki lampu indikator, baik lampu indikator power maupun workstation yang terhubung padanya. Jika lampu indikator tidak menyala, ada kemungkinan aliran listrik terputus atau bahkan ada gangguan serius dalam switch tersebut.
hkhbk
4 . NIC( Network Interface Card/Kartu Jaringan)
NIC berfungsi untuk menghubungkan PC dengan jaringan komputer sehingga komputer tersebut bisa berkomunikasi dengan komputer lainnya dalam jaringan tersebut. NIC memiliki lampu indikator status jaringan yang diterimanya. Jika lampu indikator tersebut menyala pada saat komputer dinyalakan, berarti NIC telah aktif dan berfungsi dengan normal, dan kabel kabel telah tersambung dengan baik. Namun sebaliknya, jika lampu tersebut tidak menyala, ada kemungkinan terdapat masalah dengan jaringan atau bahkan dengan NIC tersebut. Akibatnya, komputer sama sekali tidak dapat berkomunikasi dengan komputer lain.
hybihunduhan
5. Kabel
Kabel berfungsi untuk menghubngkan komputer yang berapda dalam jaringan. Komponen ini sangat rentan terhadap kerusakan karena posisinya ada di luar komputer. Kerusakan bisa diakibatkan oleh hama tikus atau kondisi lingkungan setempat seperti hujan, panas, terbelit, dan tertekuk. Oleh karena itu, penanganannya harus lebih ditinggkatkan.
Beberapa kerusakan yang umum terjadi pada keabel adalah terkelupas, terputus, terjadi hubungan singkat, dan konektor longgar. Dengan demikian, konektifitas kabel tersebut akan terganggu. Ada tidaknya masalah pada kabel, dapat dilihat dari lampu indikator NIC yang tidak menyala.
Pada jenis kabel koaksial dan pada jaringan topologi bus, jika terjadi kerusakan pada kabel maka penanganannya terasa lebih sulit karena harus diperiksa satu per satu. Adapun pada kabel jenis UTP dengan topologi star, jika terjadi kerusakan pada salah satu workstation maka hanya workstation itu saja yang akan mengalami gangguan dan tidak akan mengganggu komputer lainnya.
jlkjadfjkhnlih
D. MASALAH PADA SOFTWARE
Berikut ini adalah gejala-gejala umum terjadinya gangguan pada jaringan yang berkaitan dengan software.
Tabel . Gejala – gejala umum pada jaringan software
Gejala
Diagnosis
Tidak bisa login dalam jaringan
Kesalahan memasukkan user name dan passsword
Tidak bisa menemukan komputer lain pada daftar network neighborhood
Komputer belum menyalaKomputer belum dikonfigurasi
Alamat IP belum sesuai
Komputer tidak berada pada worgroup yang sama
Tidak bisa sharing file atau printer
File atau printer belum disharingkan
NIC tidak berfungsi
NIC belum diaktivasi di BIOSDriver belum diinstal dan diaktivasi di sistem operasi
Komputer lain tidak dapat masuk kekomputer kita
File/folder belum di-sharing-kanKomputer belum dikonfigurasi
Alamat IP belum sesuai
Komputer tidak berada workgroup yang sama
Jaringan lumpuh
Server belum dinyalakan atau diaktivasi
Hub dan jaringan tidak menyala
Kabel terkelupas, ada hubungan singkat, kabel putus, konektor longgar, dan penguncinya patah, pin pada port NIC ada yang patah, hub tidak diaktifkan.
Dalam mengisolasi suatu masalah pada jaringan, memang tidak bisa berdiri sendiri. Oleh karena itu, isolasi masalah harus dilakukan dengan hipotesis dan sedapat munggkin terhindari dari salah hipotesis. Bila suatu hipotesis benar maka lakukan lokalisasi pada kesalahan dan isolasi sumber masalah tersebut.
Sebagai contoh, terdapat suatu jaringan LAN dengan topologi star. Gejala masalah adalah komputer B tidak dapat mengakses data dari komputer A. Hipotesis awal dari gejala ini adalah folder di komputer A belum di sharing kan.


Dengan shutdown semua system komputerisasi benar-benar dimatikan, sedangkan pada restart beberapa system kadang-kadang tidak benar-benar melakukan refresh.

Beberapa aplikasi model klien server, koneksi dari klien ke server bisa terbangun kembali dan melakukan sinkronisasi kembali dari awal hanya setelah komputer melakukan shutdown.

Ke 4 langkah praktis di atas sering berhasil memecahkan problem jaringan yang terjadi tanpa harus diselesaikan secara aplikasi.
#pebaikan ip address
1. buka My Network Place pada dekstop,
2. kemudian klik kanan pilih properties,
3. klik double pada Internet Protokol (TCP/IP),
4. dari gambar tsb ada 2 pilihan,yaitu :
secara otomatis artinya IP address di stting secara otomatis oleh server,sehingga tidak terjadi IP conflict,karena server mencari alamat IP yang belum di pakai. Apabila anda pilih otomatis klik Obtain an IPaddress automatically dan Obtain DNS server address automatically.
secara manual artinya anda akan menyetting IP secara manual tetapi harus dengan prosedur yang ada,apabila terjadi kesalahan kecil pada angka maka komputer tidak akan conect. Apabila ada memilih manual klik Use the following IP address dan Use the following DNS server address
5. setelah itu klik ok
6. klik ok lagi,selesai



http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

4 comments:

  1. jasa install windows jakarta barat kami melayani
    jasa install windows untuk wilayah jakarta barat.
    bila bapak/ibu ingin install ulang dan tidak
    mau repot repot bawa ke reparasi komputer.
    jika bapak atau ibu sibuk. silahkan hubungi kami
    maka kami akan ketempat anda.
    Hub : 081294209696

    berikut ini aplikasi yang kami install:

    Aplikasi :

    1. Adobe Reader
    2. Mozzila Firefox
    3. Google Chrome
    4. Smadav Antivirus
    5. Avast Antivirus
    6. Ccleaner
    7. Winamp
    8. Vlc Player
    7.Winrar

    Office :
    Microsft Word
    Microsft Excel
    Microsft PowerPoint

    Software(Optional)

    Adobe Ilustrator
    Adobe InDesign
    Adobe Photoshop
    Corel Draw X4

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    http://www.mataharikomputer.com/jasa_install_windows_jakarta_barat.html

    ReplyDelete
  2. BAGUS TERIMA KASIH.
    SAYA MOHON TOLONG LAN DISABLE
    PHP TIDAK BISA KONEKSI KE DATABASE MYSQL
    INTERNET LAP TOP PAKAI WIFI HP
    IP ADREES ADA ..PING BAGUS. TUH

    ReplyDelete
  3. Izin copas sedikit ilmu nya untuk laporan

    ReplyDelete
  4. alay oy cursor lu , mau baca ketutupun ama teks gak jelas

    ReplyDelete