v
KEBUTUHAN PELANGGAN
1. Membangun Sistem
Informasi ERP Perencanaan Hata Maulana, M.T.I. 06 FASILKOM Sistem Informasi
2. Pendahuluan
Proyek ini akan dikerjakan oleh beberapa tim dan Anda mungkin berada di tim
BPA, SA, Developer, atau Tester. Di tim manapun Anda berada, yang terpenting
adalah Anda merupakan bagian dari sebuah tim besar dan sebaiknya Anda juga
memahami kerja tim secara keseluruhan. Jika misalkan Anda adalah seorang
programmer, maka selain mahir dibidang pemrograman, akan lebih baik juga
memahami kerja tim lain, misalnya SA dan Tester.
3.
Pendahuluan
Proyek system informasi yang akan dibuat adalah system informasi ERP pada
sebuah bengkel otomotif dengan cakupan (scope) Order to Cash (OTC), yaitu mulai
dari penerimaan order reparasi/servis, sampai order selesai dikerjakan dan
pelanggan melakukan pembayaran di kasir.
4. Tahap
Perencanaan Perencanaan adalah membuat semua rencana yang berkaitan dengan
proyek system informasi ERP. Banyak perencanaan yang penting yang menentukan
sukses tidaknya proyek dilakukan dalam langkah ini.
5. Tahap
Perencanaan Perencaaan system dapat terdiri dari perencanaan jangka pendek (short-range)
dan perencanaan jangka panjang (long-range). Perencanaan jangka pendek meliputi
periode 1 sampai 2 tahun. Perencanaan jangka panjang melingkupi periode sampai
dengan 5 tahun. Karena perkembangan teknologi computer yang sangat pesat, maka
perencanaan pengembangan system informasi untuk periode yang lebih dari 5 tahun
sudah tidak tepat lagi. (kaselina, 2012)
v Strategi Respon Produksi Terhadap Permintaan Konsumen
Dalam memenuhi
Permintaan Konsumen, Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang
Manufakturing biasanya menerapkan strategi-strategi respon produksi yang
berbeda-beda. Jadi pada dasarnya, yang dimaksud dengan Strategi Respon Produksi
terhadap Permintaan Konsumen adalah Respon atau tanggapan suatu perusahaan
manufakturing dalam merealisasikan permintaan Konsumen sesuai dengan waktu dan
jumlah yang diperlukannya.
Pada umumnya,
Strategi Respon Produksi terhadap Permintaan Konsumen ini terdiri dari 5 jenis,
yakni Design to Order (DTO), Assembly to Order (ATO), Make to Order (MTO), Make
to Order (MTO) dan Make to Demand (MTD) (kho, 2016)
v
ASPEK PEMASARAN
PASAR didefinisikan sebagai tempat bertemunya penjual pembeli atau tempat terjadinya transaksi jual dan beli Sedang, PEMASARAN didefinisikan sebagai suatu proses terjadi,transaksi jual dan beli.
Dari definisi singkat ini dapat disimpulkan bahwa pasar bersifat STATIS Sedangkan pemasaran bersifat DINAMIS. Jika kita menggunakan kata pemasaran berarti kata tesebut sudah mengandung kata pasar. Pemasaran seringkali disebut sebagai ujung tombak perusahaan. Ujung tombak pada sebuah tombak menempati posisi terdepan dan analoginya pada perusahaan, pemasaran merupakan pos terdepan bagi setiap perusahaa Tanpa adanya aktivitas pemasaaan maka tidak akan tercipta sumber penghasilan. Jika sumber penghasilan tidak tercipta sedang biaya dan beban sudah terjadi maka perusahaan berarti menderita kerugian.
Didalam konsep akuntansi laba akan diakui manakala transaksi penjualan telah dilakukan. Sedangkan beban sudah dapat diakui sebagai , kerugian tatkala sudah dikeluarkan. Karena pemasaran merupakan ujung tombak. perusahaan dan memegang peran yang sangat menentukan maka pemasaran dianggap mempunyai dimensi pertama (dimensi utama). Para pemilik proyek bisnis harus memperhatikan berbagai aspek yang terkait dengan pemasaran. (mantab, 2013)
PASAR didefinisikan sebagai tempat bertemunya penjual pembeli atau tempat terjadinya transaksi jual dan beli Sedang, PEMASARAN didefinisikan sebagai suatu proses terjadi,transaksi jual dan beli.
Dari definisi singkat ini dapat disimpulkan bahwa pasar bersifat STATIS Sedangkan pemasaran bersifat DINAMIS. Jika kita menggunakan kata pemasaran berarti kata tesebut sudah mengandung kata pasar. Pemasaran seringkali disebut sebagai ujung tombak perusahaan. Ujung tombak pada sebuah tombak menempati posisi terdepan dan analoginya pada perusahaan, pemasaran merupakan pos terdepan bagi setiap perusahaa Tanpa adanya aktivitas pemasaaan maka tidak akan tercipta sumber penghasilan. Jika sumber penghasilan tidak tercipta sedang biaya dan beban sudah terjadi maka perusahaan berarti menderita kerugian.
Didalam konsep akuntansi laba akan diakui manakala transaksi penjualan telah dilakukan. Sedangkan beban sudah dapat diakui sebagai , kerugian tatkala sudah dikeluarkan. Karena pemasaran merupakan ujung tombak. perusahaan dan memegang peran yang sangat menentukan maka pemasaran dianggap mempunyai dimensi pertama (dimensi utama). Para pemilik proyek bisnis harus memperhatikan berbagai aspek yang terkait dengan pemasaran. (mantab, 2013)
v
Faktor-faktor
yang Memperngaruhi Kesuksesan dan Kegagalan Sistem nformasi
Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi
keberhasilan maupun keberhasilan penerapan SI diantaranya globalisasi,
kedinamisan lingkungan dan tingkat kompetisi. Dinamika lingkungan merupakan
faktor efektif karena ketidakpastian lingkungan mempengaruhi aplikasi SI
perusahaan. Jika perusahaan adalah perusahaan global, maka harus menyesuaikan
proyek SI yang utama atau asli dengan anak perusahaan agar sesuai kondisi di
anak perusahaan. Jika perusahaan tidak mampu menyesuaikan dengan kebutuhan yang
spesifik, proyek SI mungkin gagal dengan probabilitas tinggi. Dalam lingkungan
yang sangat kompetitif, jika perusahaan tidak mampu untuk mengembangkan
dan menerapkan proyek SI yang akan menghasilkan keuntungan kompetitif bagi
perusahaan tersebut, maka perusahaan tidak akan dapat mencapai kesuksesan
proyek SI. (agustina, 2013)
v
Faktor Lingkup external
Pemahaman yang lebih jelas atas visi
strategis
perusahaan
• Fokus yang lebih tajam terhadap apa yang secara
strategis memang penting.
• Pemahaman yang lebih baik terhadap perubahan
lingkungan perusahaan secara lebih cepat. (abdul, 2009)
perusahaan
• Fokus yang lebih tajam terhadap apa yang secara
strategis memang penting.
• Pemahaman yang lebih baik terhadap perubahan
lingkungan perusahaan secara lebih cepat. (abdul, 2009)
Daftar Pustaka
abdul, m. (2009). fakultas teknik. jakarta:
indra mayu.
agustina, D. (2013, november senin). FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI DI
SUATU PERUSAHAAN. Retrieved agustus kamis, 2016, from Faktor-faktor yang
Memperngaruhi Kesuksesan dan Kegagalan Sistem Informasi:
http://dian49e.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2013/11/23/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-keberhasilan-dan-kegagalan-penerapan-sistem-informasi-di-suatu-perusahaan/
kaselina, o. (2012, october selasa). Manajemen
Lingkup Proyek . Retrieved agustus kamis, 2016, from MANAJEMEN RUANG
LINGKUP PROYEK: http://kalselina.blogspot.co.id/2012/10/manajemen-lingkup-proyek.html
kho, b. (2016, july senin). Strategi Respon
Produksi Terhadap Permintaan Konsumen. Retrieved agustus kamis, 2016,
from Respon Produksi Terhadap Permintaan Konsumen:
http://ilmumanajemenindustri.com/strategi-respon-produksi-terhadap-permintaan-konsumen/
mantab, w. (2013, NOVEMBER JUMAT). ASPEK
PEMASARAN. Retrieved agustus kamis, 2016, from PASAR PROYEK:
http://webmantab.blogspot.co.id/2012/10/aspek-pemasaran-pasar-didefinisikan.html
Sekolah
: smk islam 1 blitar
Motto
: buku adalah jendela dunia
0 comments:
Post a Comment