Analisis Orjinalitas Proyek
Managemen Reservoir Yang Terintegrasi
• Management reservoir terintegrasi merupakan proses yang melibatkan penetapan tujuan; implementasi perencanaan; monitoring ; evaluasi dan revisi dari sebuah perencanaan. Strategi untuk menerapkan managemen reservoir membutuhkan sebuah ilmu pengetahuan mengenai reservoir, teknologi dan pemahaman tentang bisnis, politik dan isue lingkungan. (HALIK, 2014)
• Pembelajaran tematik berdasar pada filsafat konstruktivisme yang berpandangan bahwa pengetahuan yang dimiliki peserta didik merupakan hasil bentukan peserta didik sendiri. Peserta didik membentuk pengetahuannya melalui interaksi dengan lingkungan, bukan hasil bentukan orang lain. Proses pembentukan pengetahuan tersebut berlangsung secara terus menerus sehingga pengetahuan yang dimiliki peserta didik menjadi semakin lengkap. (JAMARIS, 2014)
Otonomi tim kerja
Kelompok dan Tim adalah dua konsep berbeda. Kelompok atau group didefinisikan sebagai dua atau lebih individu yang saling bergantung dan bekerjasama, yang secara bersama berupaya mencapai tujuan. Kelompok kerja (work group) adalah kelompok yang para anggotanya saling berinteraksi terutama untuk saling berbagi informasi untuk membuat keputusan guna membantu satu sama lain dalam wilayah kewenangannya masing-masing. (BASRI, 2011)
• Kelompok tidak sama dengan tim. Kelompok didefinisikan sebagai dua individu atau lebih, yang berinteraksi dan saling bergantung, yang bergabung bersama-sama untuk mencapai sasaran. Suatu kelompok kerja adalah kelompok yang terutama berinteraksi untuk berbagi informasi dan mengambil keputusan untuk membantu tiap anggota berkinerja dalam bidang tanggung jawabnya. Kelompok kerja tidak perlu untuk melakukan kerja kolektif yang menuntut upaya gabungan. Jadi kinerja mereka sekedar jumlah kinerja sumbangan individual dari tiap anggota kelompok. Tidak ada sinergi positif yang akan menciptakan suatu tingkat keseluruhan kinerja yang lebih besar daripada jumlah masukan. (habibah, 2013)
• “Pembelajaran kooperatif berasal dari kata cooperative yang artinya mengerjakan sesuatu secara bersama-sama dengan saling membantu satu sama lainnya sebagai satu kelompok atau satu tim” (Isjoni dan Mohd. Arif Ismail, 2008: 150). Selanjutnya menurut Sri Anitah W. Dkk (2008: 3.7), “belajar kooperatif adalah pembelajaran yang menggunakan kelompok kecil sehingga siswa bekerjasama untuk memaksimalkan kegiatan belajarnya sendiri dan juga anggota yang lain”. Hal senada diungkapkan Nur Asma (2006: 12), “belajar kooperatif mendasarkan pada suatu ide bahwa siswa bekerja sama dalam belajar kelompok dan sekaligus masing-masing bertanggung jawab pada aktivitas belajar anggota kelompoknya, sehingga seluruh anggota kelompok dapat menguasai materi pelajaran dengan baik”. (elfin, 2014)
NAMA : DADANG INZA K
SEKOLAH : SMK ISLAM 1 BLITAR
MOTTO : BUKU ADALAH JENDELA DUNIA
ini adalah hasil saya KLIK DISINI
0 comments:
Post a Comment